Sunday 25 October 2015

JENIS-JENIS SEL

JENIS-JENIS SEL


Sel memiliki berbagai bentuk dan ukuran, tergantung dari fungsi khusus mereka dalam jaringan, kecepatan pembelahan sel juga berbeda – beda. Sel dengan kecepatan pembelahan yang paling tinggi, yaitu sel epitel ( penutup dan pelapis ), sering mengalami cedera fisik dan kerusakan sehingga selalu perlu mengganti diri sendiri. Berikut jenis – jenis dari sel tersebut :

 
Sel epitel
Sel ini membentuk kulit, menutupi sebagian besar organ, dan melapisi rongga kosong. Sel dalam gambar ini berasal dari permukaan atas saluran pencernaan.






Sel otot polos
Sel otot polos berbentuk panjang, terulur, menyerupai kumparan dan disebut juga serat otot. Bentuk ini memberikan kemampuan berkontraksi dengan cara meluncurkan untaian protein di dalam.


Sel fotoreseptor

Sel kerucut adalah jenis sel peka – cahaya yang di temukan dalam retina mata. Sel kerucut  teraktivitasi oleh cahaya terang dan berfungsi sebagai pembawa warna.



Sel saraf
Tiap sel memiliki susunan dan cabang pendek (dendrit) untuk menerima sinyal saraf serta “kabel” panjang (akson) untukmengirim sinyal ke sel lain.




Sel darah merah
Sel darah (eritrosit) adalah kantong berisi molekul hemoglobin pembawa oksigen. Bentuk mangkuk ganda (bikonkaf) membuat sel dapat menyerap oksigen secara maksimal.









Sel sperma
Setiap sperma memiliki kepala yang berisi materi genetikayah dan ekor menyerupai cambuk yang dapat mendorongnya menuju sel telur.




Sel adiposa (lemak)
Sel adiposa utama, yaitu adiposit, berbentuk besar dan terisi penuh tetesan lemak (lipid), yang menyimpan energi jika pola makan tidak mencukupi kebutuhan.









Sel telur (ovarium)
Sel raksasa ini berisi pelengkap bahan genetik ibu, dan sumber energi untuk pembelahan sel pertama pembentuk embrio muda.










Sumber: Ensikopledia Tubuh Manusia


No comments:

Post a Comment

Translate

Entri Populer